AutoChoke

autochoke.jpg
AutoChoke adalah fungsi untuk menaikkan RPM saat mesin dingin, yang akan menghasilkan RPM rendah dan mesin bergetar.

Di sistim ini, ada Sensor Bimetal dengan Heaternya berupa, silinder gépéng hitam, yang Heaternya terhubung ke Alternator asli Interplay, melalui kabel warna mérah.
Di awal, begitu mesin di starter, gas diinjak sekali, maka kaitan Sensor Bimetal yang dingin yang menyusut, akan menyebabkan tuas gas, setelah gas diinjak sekali, begitu dilepas, akan tertahan di Cam gas, sehingga se akan2 kita menahan pedal gas.
Di saat yang sama, klép Choke akan menutup, sehingga campuran bensin udara tambah banyak bensinnya. Sesuai berjalannya waktu, maka Heater BiMetal yang memanaskan Sensor Bimetal, sekarang Bimétal nya sudah agak memuai, sehingga kalau gas diinjak lagi, sekarang tuas gas akan tertahan di Cam gas selanjutnya yang agak menurun.
Demikian juga dengan klep Choke akan membuka sedikit. Demikian prosés berlangsung sampai akhirnya tuas gas tidak lagi tertahan Cam, tapi sekarang tertahan baut penyetélan Idle dan klép Choke membuka penuh.
Kalau tuas gas masih tertahan Cam, maka ada mekanisme yang akan melepas tuas gas dari Cam melalui mekanisme Fast Cam Idle Breaker Diapraghm, lewat ThermoValve yang akan membuka vacuum saat temperatur air pendingin mencapai 50dC.
Di samping itu, kalau gas mendadak diinjak, ada mekanisme Choke Breaker Diapraghm yang akan membuat klep Choke terbuka penuh.
This entry was posted in KARBURATOR. Bookmark the permalink.

5 Responses to AutoChoke

  1. anton says:

    “AutoChoke adalah fungsi untuk menaikkan RPM saat mesin dingin, yang akan menghasilkan RPM rendah dan mesin bergetar.”

    saya rasa fungsi choke adalah mempermudah start waktu mesin dingin, sedangkan mekanismenya seperti yang anda jelaskan

    Like

    • Ibnu says:

      pemahaman saya choke memperbesar masukan bensin, dari pada udara, jadi mobil mudah distart waktu dingin, kalo yang auto ini seperti kita menginjak gas agak dalam biar rpm tinggi, kemudian lambat laun pedal gas kita lepas seiring peningkatan suhu mesin. namun hal ini dilakukan secara otomatis oleh mekanisme tersebut. terimakasih masukannya om

      Like

  2. Ratno says:

    Bos ketika ac mobil saya on knpa rpm g mau naik? Sehingga mesin bergetar.apa auto coke nya ga fungsi

    Like

  3. mehmet says:

    otomatik jikle elektrik bağlantı şeması bulabilir miyim

    Like

Leave a comment