Praktek pasang timing belt sendiri

Alkisah saya mau cek kondisi timing belt. Setelah saya buka penutup bagian atas, ketahuan kalau sudah retak-retak, dan retaknya sudah lumayan parah. Mau ngga mau meski segera diganti dari pada putus di perjalanan.

Mulailah nekad operasi sendiri :

Prosedure bukan stadart : 

1. lepas ban, 

2. Lepas inner vender, 

3. Lepas puley crank case dng lepas 4 baut 10, 

4. Lepas puley water pump dng lepas 3 baut 10. 

5. Kendorkan pengunci posisi pompa  power steering. 

6. Kendorkan pengunci posisi altenator, geser ke arah depan shg puley altenator longgar. 

7. Lepas belt ac/power steering. 

8. Lepas belt altenator.

9. Lepas tutup timing belt atas/bawah.

10. Lepas tensioner.

11. Lepas timing belt.

12. Pasang timing belt baru, perhatikan arah panah di tb menunjuk ke arah depan/searah jarum jam kalo dari samping kanan, perhatikan posisi penanda top di puley head, dan pulley crank case.

13. Pasang kembali, dibalik aja prosedure tahapan dari 10 ke 1.

Hati2 memasang kembali pulley kruk as, jangan terlalu keras mengencangkan bautnya, kalo Ada kunci moment lebih baik. Jangan spt kejadian yang saya alami, satu baut patah karena terlalu keras mengencangkannya.

Baut pulley kruk as : ukuran 10mm panjang 3cm, sebanyak 4 biji

Bukan itu saja, karena terlalu khawatir kurang kenceng, alhasil baut pulley water pump juga jadi korban patah satu.

Baut pulley water pump, ukuran 10mm panjang 2cm, sebanyak 3 buah :

Ini adalah pertama kalinya saya membongkar mesin pun cuman sekedar menganti timing belt, Semoga pengalaman mal praktek saya ini bisa menjadi pengingat pada owner interplay yang mau mencoba memasang timing belt sendiri.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Bermasalah dng Dinamo Starter

Alkisah kunci kontak diputar buat start ngga ada reaksi di dinamo starter, praduga awal karena soket yg di selenoid starter longgar, krn udah kejadian bbrp kali, dikencangin normal lagi. Setelah dicoba dikencangin, tetep ngga ada reaksi. Buru2 menyimpulkan selenoid masalah, akhirnya saya lepas dinamo starter. Saya coba langsung tanpa terpasang dengan memberi setrum langsung ke selenoid, ternyata fungsi normal, saya coba berulang2 lancar aja. Akhirnya saya uji konektor yg ke selenoid pakai lampu DC, saya starter, lampu nyala, saya sambung ke selenoid, ngga jg bereaksi, saya coba lagi selenoid langsung ke aki, nyala normal. Baru saya simpulkan bahwa setrum yg keluar dari relay kurang bagus. Akhirnya saya coba ganti relay, ternyata lampu menyala lebih terang. saya sambung ke selenoid, skrg baru bisa menggerakkan selenoid.
Kesimpulan : 

sebelum menyimpulkan selenoid starter masalah, pastikan setrum yg ke selenoid jossss dulu, karena cukup susah payah juga melepas dinamo starter … Hehe

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Cigarette lighter mati

Alkisah cigarette lighter mati, tape bunyi, berarti sekering Aman, lepas soketnya, cek stroom ada. Bongkar ternyata kabel yg menghubungkan panah kuning putus, ganti kabel jd spt panah merah, alhamdulillah normal lagi… #mazdainterplayindonesia #mii107


Posted in Uncategorized | Leave a comment

BELT Alternator-WaterPump

BELT Alternator-WaterPump :Bando Prep 12.5 x 900 La / SP AUTO-FLEX-III- A-3 4.7

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Central Lock Caper

Mau buka pintu.

Pencet remote seperti biasa.

Hanya terdengar satu pengunci pintu yang membuka.

Pengunci pintu selain kanan depan tidak ikut membuka.

Asumsi relay central lock tidak bekerja

Cek sekering door oke.

Karena lokasi relay central lock nyelip di bawah sepedo penelusuran dimulai dari switch di door lock.

Cek setrum di kabel merah saat posisi pengunci ke atas hasilnya oke.

Cek setrum di kabel biru saat pengunci ke bawah hasilnya Aman.

Cek pistolan Aman.

Mau ngga mau meski cek relay, bongkar deh bawah setir.

Cek setrum di kabel hijau-orange saat pengunci ke bawah hasilnya oke.

Cek setrum di kabel hijau-merah saat pengunci ke atas nihil.

Posisikan pengunci ke atas, kasih setrum langsung ke soket kabel hijau-merah, alhamdulillah relay bereaksi, relay aman.

Kesimpulan koneksi kabel hijau-merah ke switch doorlock​ bermasalah.

Coba runut2 tarik kabel di soket lubang pintu ke kabin, setrum bisa masuk. Kesimpulan ada sambungan yg ngga handal.

Ganti kabel baru sekalian dari kabel merah di switch doorlock ke hijau-merah di relay. 

Alhamdulillah solved, kembali berfungsi normal.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

KOMPRESOR AC TIDAK BEKERJA

Alkisah pas nyalakan ac ngga terasa dingin, alias angin aja. Saat pencet2 saklar AC, ngga ada perubahan beban mesin, berarti kompresor tidak bekerja, ada dua kemungkinan : setrum tidak sampai ke kompresor, atau magnetic clutch tewas.
Saya pastikan dulu cek magnetic clutch dng menyambung langsung ke strum, josss magnetic clutch mau kerja spt biasanya.
Kemudian bongkar relay ac, saat ditekan saklar AC, selenoid di relay bekerja normal. Berarti relay aman, system kontrol ac dr kabin tdk ada masalah. Kemudian saya cek kabel biru-kuning di relay ac, ternyata tidak ada setrum.

17159037_200094290474574_6235115577850603343_o
Geser ke sebelah kiri Mobil, cek sekering AD-FAN, aman.

17202892_200094200474583_5833799956855302219_n

Tapi kok setrum ngga sampai ke relay, ternyata kabel keluaran dari box sekering itu yg ke relay AC yaitu kabel biru-kuning putus di skun. Pasti krn nge fong, panas, lama-lama jadi terbakar dan putus.

17159306_200094347141235_4217591507535235597_o
Alhamdulillah setelah dibaikin sambungan di skun tersebut, pasang kembali ke soketnya, tancapkan lagi soket di box sekering, AC kembali berfungsi seperti semula.

Posted in AC | Leave a comment

PISTOLAN CENTRAL LOCK MACET

Hampir satu bulan ngga dipakai, tepatnya 26 hari, kepanasan kehujanan tanpa tudung, pas mau dipakai pencet remote menyalak spt biasa, tapi kok ngga ada bunyi jeglek pengunci pintu, ternyata memang tidak bergerak. Coba berulang kali tetep ngga gerak. Akhirnya coba buka pakai kunci, kunci pun tidak mau berputar menggerakkan tuas. Coba dan terus coba putar, sambil was2 kunci mleyot, akhirnya ada spare gerak dikit bisa gerakkan saklar doorlock, Dan pengunci di pintu2 lain terbuka. Terpaksa masuk mobil dari pintu kiri.

Alhamdulillah mobil distarter langsung hidup. Sambil panasin Mobil, coba2 buka pintu sopir dari dlm, tetap ngga mau. Tuas pengunci ngga bisa ditarik ke atas. Coba dan terus coba akhirnya ada gerak dikit shg pintu bisa dibuka. Langsung bongkar doortrim, pikir saya pasti ada yg nyangkut.
Setelah doortrim terbuka, saya lepas pistolan central lock, coba pakai remotenya. Ternyata pistolan tidak bergerak. Saya coba tarik langsung ternyata tidak bergerak. Karena udah pernah bongkar dan tahu dalamnya pistolan seperti apa, praduga saya motor seret karatan krn lama ngga gerak. Saya paksa tarik sekuat tenaga, Alhamdulillah bisa gerak, trus saya tarik dorong berulang2 smp ringan dan lancar.
Coba pakai remotenya, pistolan bisa gerak lancar.
Yakin dah normal, pistolan saya pasang lagi, doortrim dll pasang lagi, alhamdulillah pengunci pintu sopir normal lagi, bisa buka tutup pake remote spt biasanya.

#interplayindonesia

#mii107

#centrallockinterplay

#interplaynyajngterlalulamatidakdipakai

Posted in VARIASI | Leave a comment