Aplikasi thermostat AC digital

Salah satu komponen AC mobil adalah adanya thermostat yang berfungsi mendeteksi suhu yang kemudian menghidupkan atau mematikan kompresor sesuai tingkat suhu yang diinginkan.

Thermostat AC di mobil pada umumnya adalah jenis thermostat mekanik, dengan model pengaturan dengan diputar atau geser, pendeteksi suhu berupa pipa kawat kecil yang terisi air raksa, yang akan mengembang atau menyusut berdasarkan suhu. Di dalam thermostat terdapat tabung yang akan mengembang atau menyusut yang menyebabkan kontaktor di dalam thermostat tersambung atau terputus, yang kemudian memicu relay untuk menghidupkan atau mematikan compressor Dan kipas condenser.

Sistem AC Mazda 323 Interplay tidak menggunakan thermostat mekanik, namun terdapat sebuah modul yang disebut AC Amplifier yang bekerja secara elektronik. Sensor suhunya berupa thermistor yang nilai tahanannya berubah-ubah sesuai temperatur.

Foto AC Amplifier

image

FB_IMG_1463141405640
image

 

foto courtesy group  fb MII

Sayang modul ini sudah tidak ada di interplay penulis, dan sudah diganti dengan thermostat mekanik seperti gambar di bawah ini.

img_20160428_220349.jpg

Setelah cari-cari informasi dari para master di group Mazda Interplay Indonesia, dapat masukan untuk menerapkan thermostat digital.

Eksperimen dimulai dengan hunting thermostat digital di situs belanja online.

Pilihan jatuh pada Digital Thermostat Module Model XH-W1209, product dari smartclima. Produk ini memang bukan dibuat secara khusus untuk mobil, sehingga bentuknya sangat universal.

FB_IMG_1463819244459

Secara singkat pemasangan modul ini yaitu dengan melepas dua kabel yang ke thermostat mekanik, sambung ke modul ini, satu ke port K0 dan satu lagi ke port K1. Untuk port power supply nya bisa ambil dari jalur kontak ACC ikut jalur radio. Dan port ground disambung ke body mobil.

image

Cara setting :

  • Tekan tombol set sehingga display berkedip.
  • Ubah suhu yang diinginkan dengan menekan tombol + atau -.
  • Tekan tombol set lagi untuk kembali ke awal.
  • Ubah mode thermostat ke mode cooling, yaitu dengan menekan tombol set agak lama, sampai muncul PO. Setelah muncul PO, lepas tombol set, kemudian tekan sekali lagi. Akan ditampilkan huruf C untuk mode cooling/pendinginan, atau huruf H untuk mode heater/pemanas. Jika sebelumnya belum pernah di set, maka mode bawaannya adalah C yaitu untuk mesin pendinginan.
  • Ubah seting rentang suhu dengan menekan tombol set agak lama. Setelah muncul PO, tekan tombol + untuk pindah ke P1. Setelah muncul P1, tekan tombol set, ubah rentang suhu yang diinginkan dengan menekan tombol +/-.

Misal : suhu di set di 26, kemudian P1 diset 1, maka compressor akan mati pada suhu 26, dan akan hidupkan lagi pada suhu di atas 27.

FB_IMG_1463831390822

FB_IMG_1463831399994

 

Advertisements
This entry was posted in AC. Bookmark the permalink.

2 Responses to Aplikasi thermostat AC digital

  1. Eric says:

    Oom.. pipa kawat kecil yang terisi air raksa itu patah, dari thermostat terhubung kemana ya pipa ini. bisa diaganti gak oom?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s