Central Lock Macet

Bermula dari curiga kenapa kunci pintu kiri depan tidak ikut membuka dan mengunci saat membuka atau mengunci dari pintu sopir, kemudian saya mencoba untuk menelisiknya.

Dimulai dengan membuka door trim pintu, kemudian melepas plastik pelindung. Kemudian melepas motor pengunci yang ternyata sudah diganti dengan motor atau pistolan universal.

image

image

Saya coba memberi setrum secara langsung ke pistolan tadi, ternyata tidak ada reaksi sama sekali.

Kabel yang ke pistolan saya coba test dengan menyambungnya ke sebuah lampu, ternyata lampu bisa menyala saat buka dan tutup kunci. Dengan demikian dapat disimpulkan tidak ada masalah di perkabelan.

Karena belum pernah melihat apa isi di dalam pistolan tadi, dan bagaimana prinsip kerjanya, dan dengan anggapan bahwa sudah rusak, kemudian pistolan ini saya buka dengan sadis dengan membelahnya menggunakan palu dan obeng.

image

image

Ternyata di dalamnya ada motor, yang sudah karatan dan tidak bisa saya putar dengan tangan. Saya coba semprotin pakai WD, sambil saya putar-putar. Akhirnya lama-lama bisa berputar.

Kemudian saya coba memberi setrum ke motor tadi, ternyata bisa berputar dengan lancar.

Kemudian pistolan saya rakit kembali. Karena casing pistolan adalah casing mati, maka saya akali dengan mengikatnya dengan kawat dan menutup sela-selanya dengan silicon rubber sealer.

image

Alhamdulillah, setelah saya pasang lagi di pintu, pistolan kembali bekerja dengan baik, sehingga central lock pintu kiri depan dapat berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Advertisements
This entry was posted in VARIASI. Bookmark the permalink.

3 Responses to Central Lock Macet

  1. agus budi utomo says:

    Mazda ku stater gak hidup,tapi pas hidup mbrebet ada suara letusan kira2 apanya ya ,mohon pencerahannya

    Like

  2. Ibnu says:

    Bisa juga karburator nya yg masalah, kurang lancar supply BBM nya. Om agus silahkan gabung di group fb MII, bisa ditanyakan di sana, banyak para master yg akan memberi jawaban, saya juga masih new bie om. Blog ini sekedar kumpulan artikel2 buat catatan saya dan berbagi pengalaman dalam merawat Interplay om.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s