Dashpot

image

Dashpot adalah sebuah part yang menempel di karburator yang fungsinya hanya menahan gas agar tidak langsung menutup ketika pedal gas dilepas, untuk efisiensi BBM  dengan mengurangi efek engine brake. Dashpot tidak terhubung ke selang manapun.

Dashpot, fungsinya seperti shock breaker, yaitu untuk menunda tuas gas agar tidak langsung seketika kembali ke minimum saat gas mendadak dilepas. Jadi tidak ada hubungannya dengan AC on, AutoChoke atau apapun,  karena saat itu tuas gas tidak menyentuh dashpot.

Jika masih berfungsi, saat gas di rpm tinggi tiba-tiba dilepas, rpm mesin tidak akan langsung drop, karena ditahan perlahan oleh daspot tersebut.

Jika tombol dashpot ditekan dengan jari tangan empuk, maka daspot sudah lemah.

image

Saat rpm idle, posisi tombol dashpot dalam keadaan tertekan oleh tuas gas. Jadi ketika di gas, tombol akan keluar, setelah gas dilepas, gerakan kembalinya tuas gas akan tertahan oleh tombol dashpot, sehingga gas tidak kembali dengan mendadak, namun kembali secara perlahan sedikit demi sedikit.

Dashpot tidak menaikkan RPM, karena isinya cuma shockbreaker.
Kalau RPM naik setelah dilakukan penyetelan posisi dashpot, bisa karena dashpotnya sudah macet atau as tuas gas karbu sudah oblak.

Foto-foto ilustrasi courtesy group FB MII

(Dirangkum dari tanya jawab group FB MII)

Advertisements
This entry was posted in KARBURATOR. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s