PERBAIKI SPION

Salah satu fitur standard interplay adalah elektrik mirror. Dengan adanya fasilitas ini, meski tidak sering, namun memudahkan kita untuk mengatur arah spion cukup sambil duduk manis di belakang setir pencet-pencet tombol.

Akan sangat terasa bedanya buat yang sering menggunakan fasilitas ini, kemudian bawa mobil yang belum elektrik mirror. Rasanya tersiksa sekali mau benerin arah spion, apalagi spion kiri.

Spion kanan tidak mau gerak sama sekali. Tapi spion kiri normal. Waktu beli juga terlalu yakin, paling cuman kenapa gitu aja, karena yang kiri normal.

Kemudian saya buka door trim, dan spion saya lepas untuk menyelidikinya.

image

Ternyata setelah dilepas, baru ketahuan kalau soket kabel yang ke spion tidak tercolok. Setelah saya colokkan soket tadi, dan saya coba atur pakai tombol ternyata cuman gerak ke satu arah saja, tidak bisa sebaliknya.

Bingung mau diapain lagi, kemudian saya konsultasi di group FB MII.

Setelah runut merunut, ternyata ada kabel yang putus, sepertinya habis kebakar dan meleleh, kemudian diputus oleh pemilik sebelumnya. Kabel kemudian saya sambung lagi, dan akhirnya spion kembali normal.

Jika mengalami masalah dengan elektrik spion dapat dilokasir pada :
– perkabelan dan sekering
– saklar
– motor yang terdapat di dalam spion
– gear/gigi penggerak nya.

This entry was posted in KELISTRIKAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

