Muncul Asap Putih dari Knalpot

by Novi Antoro

Kali ini mencoba untuk membahas >>>>>>>
Muncul Asap Putih dari Knalpot

Asap putih yang keluar dari knalpot mobil menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik kendaraan roda empat. bahkan tak jarang para pemilik langsung memvonis mobilnya turun mesin dan turut di perkuat dengan keyakinan mekanik bengkel nakal tanpa mau memberikan penjelasan. Padahal jika sebuah kendaraan mengharuskan turun mesin, ada beberapa ciri-cirinya disini . Untuk itu kita harus mengetahui secara detil asap putih itu sebenarnya berasal dari mana karena tidak semua tanda-tanda asap putih dari knalpot merupakan tanda-tanda resmi mesin mobil harus turun.

image

Embun / uap (Gambar 1 🙂

ketika kita memanaskan kendaraan di pagi hari atau cuaca sedang hujan, akan ada asap putih seperti asap dari teko yang airnya mendidih. hal ini wajar karena air atau embun didalam knalpot menguap akibat panas, kalau tidak percaya silahkan praktek wajan atau penggorengan yang sudah dipanaskan diatas kompor kita beri air, pastinya akan ada asap putih. Semua mobil yang memiliki kenalpot akan mengalami hal seperti ini, wajar saja tidak ada masalah. asap ini tidak akanmuncul lagi jika kendaraan sudah panas dan mesin sudah dijalankan akan tetapi akan terus muncul selama mobil menerobos hujan.
image

PCV Valve patah (Gambar 2:)

ada asap putih sedikit pekat, bisa jadi karena PCV valve nya bermasalah, biasanya kalau part ini bermasalah akan menyedot oli dari ruang mesin sehingga oli terbakar pada ruang pembakaran.
biasanya PCV valve mengalami patah atau retak, bagaimana bisa retak atau patah?, jangan tanyakan saya karena saya sendiri belum pernah mengalaminya. cukup ganti saja dengan yang baru atau dibuatkan jalur baru dengan menggunakan open filter dari mobil lain.

Seal Klep Bocor

seal klep bocor atau renggang bisa terjadi dan membuat knalpot menjadi ngebul putih akan tetapi asap itu akan hilang seiring dengan panasnya kendaraan dan akan muncul lagi ketika kendaraan sedang melaju lalu hilang lagi dan begitu seterusnya. silahkan periksa seal klepnya dan lihat takaran olinya apakah banyak oli yang terbuang atau tidak.
image

ini baru ngebul (Gambar 3:)

jika mendapatkan asap ngebul seperti ini, diharapkan untuk rajin-rajin meriksa oli karena takutnya banyak oli yang terbuang dan justru malah bikin mesin rusak total akibat tidak ada asupan oli.

Saran saya sih jangan langsung memvonis kendaraan turun mesin, coba periksa segalanya yang berkaitan dengan ciri-ciri mobil harus turun mesin. paling pas memang harus cek kompresi, kalau mesin sudah saatnya turun mesin pastinya nilai kompresi turun dibawah nilai 10. Saran saya lagi, jangan pernah keliatan panik di Bengkel umum, dijamin anda akan dikerjain dan ratusan ribu bahkan jutaan hilang begitu saja.

Khusus tentang PCV Valve,,sepengalaman saya,,.klo darurat bisa pake PCV Valve punya Kijang,,tapi butuh sedikit penyesuaian pada kakinya (yg nancep di silinder kop),,agak ditebelin pake isolasi item biar gak ogleg.. Tapi ini hanya dalam sikon darurat aja yaa (misalkan ketahuan patah tapi bengkel gak ada stok PCV Timor)…. Sekali lagi,,statusnya sementara…. bukan semen…taun. Naah buat yang PCVnya masih oke,,iseng2 klo santai,,bersihin pake karburator – injector cleaner,,,semprot-prot-prot,,dijamin airnya item keruh……

Saya pernah mengalami kejadian asap putih ngebul kluar dari knalpot mobil saya dengan diiringi suara seperti tukang kue putu dari dalem mesin. awalnya saya sempat panik dan terpikir harus turun mesin. Mobil saya ke bengkel. tapi untunglah di bengkel langganan saya orangnya jujur. pada saat diperiksa montir, ternyata PCV Valvenya yang patah. kemudian setelah diganti dengan PCV Valve yang baru keadaan Mobil saya kembali normal. Alhamdulillah hanya keluar biaya 40 ribu rupiah.

Semoga Bermanfaat yaaaa…salam MII 011 B 1440 SL

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s