Ganti Air Radiator 

Hampir setengah tahun lebih dari saya membeli interplay saya belum pernah saya ganti air radiator nya. Saat menganti selang radiator air radiator yang ada sekalian dibuang, kemudian saya isi air biasa untuk sementara.

Setelah saya belikan radiator coolant baru kemudian saya ganti lagi. Proses mengganti air radiator cukup mudah, jangan dilakukan saat mesin panas :

  1. Buka tutup radiator, ingat jangan dilakukan saat mesin panas, karena air radiator masih sangat panas dan bertekanan tinggi. Jika memang buru-buru, lakukan dengan ditutup lap, dan jangan langsung dibuka penuh, buka sedikit demi sedikit biar tekanan udara di dalam radiator terbebas secara bertahap.
  2. Buka penutup pembuangan air radiator di sebelah kanan bawah radiator, dari arah bawah radiator. Jika dilakukan saat panas, gunakan pelindung, dan putar dengan alat misal tang.wp-image-689667690jpg.jpeg
  3. Sekalian kuras tanki reservoir, karena saya tidak menemukan lobang buat mengurasnya, maka saya gunakan selang. Usahakan selang sampai dasar tabung, sehingga kotoran-kotoran terhisap keluar. Isi dan kosongkan beberapa kali, sampai air yang keluar sudah tidak kotor lagi.
  4. Setelah selesai menguras, tutup lagi lubang pembuangan air radiator dengan penutupnya.
  5. Isikan radiator coolant ke dalam radiator sampai penuh.
  6. Isikan radiator coolant ke dalam tanki reservoir sampai kira-kira setengah leher tanki.
  7. Tutup kembali radiator dengan penutupnya. Selesai
This entry was posted in PENDINGINAN MESIN, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

