Ganti Packing Tutup Head, PCV dan Tutup Olie

Masih dalam rangka memerangi rembesan olie mesin, kali ini giliran packing tutup head cylinder dan tutup olie mesin saya ganti. Selain itu PCV juga saya ganti dengan yang baru.

Ternyata memang kondisi packing tutup head sudah tidak bagus, dan pemasangan nya pun seperti terpelintir tidak terpasang dengan bagus, makanya ada rembesan olie di sekitarannya meski tidak sampai banjir.

Demikian juga di sekitaran tutup olie dan PCV ada rembesan yang selalu menyebabkan kotor karena debu yang lengket pada olie, dan tutup olie tidak ada karetnya juga sehingga tidak bisa menutup dengan rapat. Akhirnya tutup olie saya ganti dengan yang baru yang ada karetnya.

Ada rembesan olie di sekitar tutup olie mesin.

Ada rembesan olie di sekitar PCV.

Untuk PCV pada awalnya saya hanya berencana mengganti seal nya saja. Namun ternyata sama pemilik mobil sebelumnya seal di lem, dan terjadilah musibah saat saya akan melepas PCV saya tarik kuat-kuat hingga akhirnya PCV patah. 

Musibah PCV patah.

Sepertinya memang seal PCV lama kelamaan akan menjadi keras dan tidak lagi bisa menutup dengan rapat. Oleh karena itu mungkin perlu dicek secara berkala, kalau sudah mulai tidak lentur sebaiknya segera diganti, karena kalau sudah keras akan jadi mati dan tidak bisa dilepas kecuali dengan cara dihancurkan.

Sekedar sebagai catatan saya sendiri.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

