Penjepit Bushing Stabilizer Lepas

Alkisah belok kiri 90d, dimana jalan menurun curam dng sudut kemiringan jalan mungkin hampir 45d. Saat belok terdengar bunyi bletak di ban belakang, saya terus jalan menuruni turunan itu, namun tidak juga saya cek kenapa.

Kemudian mobil saya pakai lagi untuk jalan agak jauh, dan sering terdengar bunyi klotak klotak di belakang. Saya cari penyebabnya tidak ada barang bagasi atau komponen kaki-kaki yang goncang-goncang sehingga menimbulkan bunyi tadi.

Setelah bisa konsen untuk menyelidik, ternyata saya dapati penjepit bushing stabilizer belakang kanan terlepas ujung belakangnya. Kemudian saya cek dengan ngolong ternyata penjepit mleyot. Akhirnya penjepit bushing saya lepas dan ternyata hampir patah.

Penjepit bushing tadi saya bawa ke tukang las untuk disambung kembali. Alhamdulillah masih bisa di las dan bisa saya pasang kembali.

Kesalahan saya menuruni jalanan tadi adalah saya turun dengan menyudut, sehingga ban belakang kanan terangkat, sehingga stabilizer berusaha menahan ban belakang kanan untuk turun. saat beban di stabilizer sangat tinggi, dengan kondisi penjepit bushing yang sudah kritis posisinya, akhirnya penjepit terlepas dan mleyot. Mungkin untuk belok di tikungan tajam yang menurun curam sebaiknya menjauh dulu, baru kemudian menuruninya secara lurus, tidak menuruninya sambil belok.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

