Ganti Kampas Rem Belakang

Alkisah kampas rem belakang kiri sudah habis yg bagian dalam. Entah kenapa yang bagian luar masih sangat tebal, malah seperti masih baru ketebalannya.

Nekad beranikan diri menggantinya sendiri. Agak was-was juga, takut salah-salah. Karena rem adalah bagian yang krusial pada mobil. Namun kalau tidak memberanikan diri dan mencobanya maka tidak akan pernah bisa mempraktekkannya.

Yang saya tulis ini bukan pentunjuk standard procedure, namun sekedar berbagi cerita dalam proses saya melakukan penggantian kampas rem belakang, tepatnya rem belakang yang sebelah kiri.

Pengerjaan saya mulai dengan melepas ban. Kemudian mengamati dan mepelajari bagaimana melepas kampas lama untuk diganti dengan kampas yang baru. Saya simpulkan harus melepas caliper.

Kemudian caliper saya lepas, dengan melepas dua baut yang mengikatnya. Tanpa melepas kabel flexible terlebih dahulu, dan juga tidak melepas kabel hand brake.

Kemudian kampas berhasil saya lepas. Kampas yang baru mau saya pasang, ternyata kalau terpasang kampas baru, celah antar kampas terlalu sempit, tidak cukup celahnya untuk masuk cakram. 

Saya dorong-dorong kampas yang dalam untuk mundur, ternyata berat, piston terlalu menonjol keluar dan tidak mau masuk lebih dalam.

Dalam kondisi caliper terlepas dan tanpa kampas yang penjepit cakram, saya hidupkan mesin dan injak rem, eh piston semakin terdorong keluar. Semakin susah buat pasang kampas baru. Akhirnya saya ungkit tuas handbrake, piston terdorong lagi, akhirnya saya ungkit berulang-ulang sampai akhirnya piston lepas. Sekalian sama boot nya.

Saya lihat ke dalam caliper, ada tuas berulir, saya lihat di piston lobang nya juga berulir, maka saya simpulkan untuk memasukkan piston harus dengan cara diputar seperti baut. Saya coba masukkan piston dengan memutarnya dengan tangan, namun hanya bisa masuk dikit saja, kemudian saya coba pakai tang hidung panjang, ujungnya saya masukkan di coakan piston yang atas, bisa tambah masuk dikit saja dan makin berat diputar. Saya coba kuat2 mutarnya, namun sudah tidak bisa masuk lagi sampai tang terlepas-lepas.

Karena sebelumnya kabel handbrake dan selang flexible tidak saya lepas, akhirnya agar lebih leluasa memasukkan piston, kabel handbrake dan selang flexible saya lepas. Tentunya setelah selang flexible saya lepas, minyak rem langsung mengucur, bingung meski gimana, saya ikat ujungnya dengan tali ban dalam. Meski minyak masih menetes, tapi lumayanlah memperlambat minyak keluar, sambil saya tinggikan posisinya.

Kemudian piston saya keluarkan lagi, saya amati ada karat di bawah coakan boot, karat saya kerik-kerik pakai pisau cuter. Kemudian piston saya coba masukkan lagi. Kali ini saya gunakan kunci pas 14 ujungnya saya masukkan di coakan piston yang atas, kemudian saya putar dengan kunci inggris kecil. Dengan sekuat tenaga saya putar, akhirnya piston bisa masuk, tepat di level posisi kampas. Boot piston saya pasang lagi.

Baru kemudian kampas yang baru bisa saya pasang. Kemudian caliper saya pasang lagi, kabel handbrake dan juga selang flexible. 

Setelah terpasang, kemudian saya lanjutkan dengan air bleeding alias proses buang angin. Saya masukkan selang bening ke niple, niple saya kendorkan, mulai mesin saya nyalakan, kemudian saya injak pedal rem beberapa kali. Tentunya sebelumnya saya tambahkan dulu minyak rem nya setelah banyak yang keluar. 

Selang bening agak panjang, sehingga cukup waktu untuk menutup niple kembali setelah keluaran minyak rem sudah tidak ada gelembung udaranya. 

Setelah niple tertutup rapat, saya putar well hub kemudian saya rem, rem bekerja dengan baik. Saya pasang ban, dan saya putar, saya coba rem, bisa nge rem dengan baik. 

Setelah yakin, baut ban saya kencengkan,kemudian dongkrak saya lepas, test maju mundur dikit, rem bekerja lancar.

Alhamdulillah selesai, saya pakai buat perjalanan sekitar 120km, rem bekerja dengan baik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

