Bermasalah dng Dinamo Starter

Alkisah kunci kontak diputar buat start ngga ada reaksi di dinamo starter, praduga awal karena soket yg di selenoid starter longgar, krn udah kejadian bbrp kali, dikencangin normal lagi. Setelah dicoba dikencangin, tetep ngga ada reaksi. Buru2 menyimpulkan selenoid masalah, akhirnya saya lepas dinamo starter. Saya coba langsung tanpa terpasang dengan memberi setrum langsung ke selenoid, ternyata fungsi normal, saya coba berulang2 lancar aja. Akhirnya saya uji konektor yg ke selenoid pakai lampu DC, saya starter, lampu nyala, saya sambung ke selenoid, ngga jg bereaksi, saya coba lagi selenoid langsung ke aki, nyala normal. Baru saya simpulkan bahwa setrum yg keluar dari relay kurang bagus. Akhirnya saya coba ganti relay, ternyata lampu menyala lebih terang. saya sambung ke selenoid, skrg baru bisa menggerakkan selenoid.
Kesimpulan : 

sebelum menyimpulkan selenoid starter masalah, pastikan setrum yg ke selenoid jossss dulu, karena cukup susah payah juga melepas dinamo starter … Hehe

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

