Pakai Switch fan Ford Laser

Alkisah jalan waktu siang panas terik, tiba-tiba mesin ngelitik, lihat indikator suhu, waduh hampir mentok, cepet-cepet minggir matikan mesin, blekuthuk-blekutuk air radiator di reservoir. Coba on kan kontak, tenyata kipas radiator ngga muter. Coba ground kan langsung kabel yg ke thermoswitch, kipas radiator mau nyala. Kesimpulan water thermoswitch mati. Akhirnya untuk sementara jalur ke wts di ground kan langsung, jadi kipas radiator langsung nyala. Alhamdulillah bisa jalan lagi normal, sampai beberapa minggu hehe.

Saat ke toko onderdil coba tanya WTS Interplay ngga Ada, tanya kalo Timor Ada, malah ford laser Ada. Pengin coba punya FL aja, secara punya saudara kandung, pikir2 pasti sama baik ukuran drat tempatnya, maupun suhu kerjanya. Murah meriah dari pada WTS Interplay hehe.

Setelah dipasang, lho kok kipas langsung muter saat kontak on, waduh jangan2 ini switch normali close, jadi switch nyambung sebelum mencapai suhu kerja, dan switch putus saat suhu tercapai. Googling dah, nemu dah speknya, ternyata bener normali close, suhu buka 92dc, ngga papa lah beda dikit suhu kerjanya ma Interplay yg menutup di 91dc.

Karena ternyata jenisnya normali close, artinya konek dibawah suhu kerja, dan putus saat suhu tercapai, akhirnya akal2an dah. Kebetulan ada stok cadangan relay 5 kaki, Dan 4 kaki. Kemudian saya ranglai seperti berikut :Pada relay 5 kaki, 85 ke jalur kontak on koil, 86 ke WTS. 30 ke sekering trus ke aki, 87 tdk dipakai, 87a ke 30 relay 4 kaki.

Pada relay 4 kaki, 85 ke jalur kontak on koil, 86 ke ground, 30 dari 87a relay 5 kaki, 87 ke jalur kipas.

Pada relay 5 kaki, kontak on, maka relay posisi aktif, karena tersambung ke ground lewat WTS. Saat suhu tercapai, WTS memutus pemicu relay dari ground, maka kontak pindah ke kaki 87a yg harusnya bisa disambung ke fan radiator. Kalo kondisi seperti itu, maka saat kontak off pun, fan kondeser akan menyala terus. Oleh karenanya jalur dari 87a relay 5 kaki disisipin relay 4 kaki, agar fan tidak nyala terus saat kontak off. Ribet ya … Hehe ini sekedar alternative aja.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s