Bermula dari curiga kenapa kunci pintu kiri depan tidak ikut membuka dan mengunci saat membuka atau mengunci dari pintu sopir, kemudian saya mencoba untuk menelisiknya.
Dimulai dengan membuka door trim pintu, kemudian melepas plastik pelindung. Kemudian melepas motor pengunci yang ternyata sudah diganti dengan motor atau pistolan universal.
Saya coba memberi setrum secara langsung ke pistolan tadi, ternyata tidak ada reaksi sama sekali.
Kabel yang ke pistolan saya coba test dengan menyambungnya ke sebuah lampu, ternyata lampu bisa menyala saat buka dan tutup kunci. Dengan demikian dapat disimpulkan tidak ada masalah di perkabelan.
Karena belum pernah melihat apa isi di dalam pistolan tadi, dan bagaimana prinsip kerjanya, dan dengan anggapan bahwa sudah rusak, kemudian pistolan ini saya buka dengan sadis dengan membelahnya menggunakan palu dan obeng.
Ternyata di dalamnya ada motor, yang sudah karatan dan tidak bisa saya putar dengan tangan. Saya coba semprotin pakai WD, sambil saya putar-putar. Akhirnya lama-lama bisa berputar.
Kemudian saya coba memberi setrum ke motor tadi, ternyata bisa berputar dengan lancar.
Kemudian pistolan saya rakit kembali. Karena casing pistolan adalah casing mati, maka saya akali dengan mengikatnya dengan kawat dan menutup sela-selanya dengan silicon rubber sealer.
Alhamdulillah, setelah saya pasang lagi di pintu, pistolan kembali bekerja dengan baik, sehingga central lock pintu kiri depan dapat berfungsi lagi sebagaimana mestinya.
Mazda ku stater gak hidup,tapi pas hidup mbrebet ada suara letusan kira2 apanya ya ,mohon pencerahannya
LikeLike
Biasanya kalo menurut pengalaman saya sih itu karena pengapian tidak lancar om, tidak stabil pengapiannya
LikeLike
Bisa juga karburator nya yg masalah, kurang lancar supply BBM nya. Om agus silahkan gabung di group fb MII, bisa ditanyakan di sana, banyak para master yg akan memberi jawaban, saya juga masih new bie om. Blog ini sekedar kumpulan artikel2 buat catatan saya dan berbagi pengalaman dalam merawat Interplay om.
LikeLike